Selamat Datang di Official Website FerdiaNET - Digital Marketing Solution

Tahapan Membuat Website Sendiri

16 Nov
2016
Membuat Website Sendiri

Bikinwebsitemu.com – Tahapan Membuat Website Sendiri. Merancang sebuah website sama seperti merancang suatu aplikasi perangkat lunak (software). Ada tahapan-tahapan yang harus dilakukan untuk membuat suatu situs.

Setiap tahapan yang telah selesai, harus dilakukan analisa apakah sistem yang sedang dibangun sudah berjalan dengan baik.

Berikut Tahapan Membuat Website Sendiri yang Harus Anda Lakukan:

Planning (Perencanaan)

Perencanaan Website

Proses pembuatan website dimulai dengan proses perencanaan. Pada tahap ini Anda menentukan tujuan dari web yang akan dibuat. Anda juga melakukan analisa dan pengumpulan data yang diperlukan oleh website, kemudian menempatkan beberapa kebutuhan tersebut ke dalam situs yang akan dikembangkan. Untuk bekerja lebih profesional, Anda harus membuat jadwal kerja. Pada tahap ini Anda sudah mulai melakukan perancangan terhadap draft atau arsitektur website.

Design (Desain)

Web Design

Dari informasi dan data yang dikumpulkan pada tahap perencanaan, tahap berikutnya Anda melakukan desain terhadap tampilan halaman depan dan halaman dalam website. Web design diperlukan untuk memberikan tampilan menarik pada website Anda. Hal ini dapat berupa kombinasi warna-warna unik, tata letak, jenis huruf yang membuat isi situs Anda akan sangat memikat dan mudah untuk dibaca. Desain web Anda juga harus memberikan imej yang tak terlupakan yang akan membedakan situs Anda dengan saingan-saingan lainnya. Usahakan untuk membuat desain website yang responsive agar dapat diakses melalui semua perangkat, sehingga memudahkan pengunjung bernavigasi di situs Anda.

Baca juga: Keunggulan Desain Web Responsive

Scripting (Pemrograman)

Web Programming

Tahap ini merealisasikan ide-ide dari tahap-tahap sebelumnya ke situs Anda. Produksi meliputi teknologi yang digunakan untuk menjadikan ide-ide dalam tahap desain tersebut ke realitas. Dari gambaran yang diperoleh dari tahap desain, selanjutnya Anda dapat melakukan scripting dari hasil desain tersebut ke dalam bahasa web sehingga bisa diluncurkan di Internet.

Testing (Uji Coba)

Web Testing

Pengujian dilakukan untuk meyakinkan jikalau semua halaman website telah terhubung dengan benar dan semua link eksternal situs web terjaga. Tahap ini menguji fungsionalitas dari formulir-formulir interaktif dan validasi penginputan data oleh pengunjung. Tahap ini dikatakan sebagai kontrol pengujian kualitas, baik di server lokal maupun di server hosting terhadap file-file yang sudah diupload.

Revision (Perbaikan)

Revisi Web

Perbaikan dilakukan apabila terdapat error atau penempatan konten yang kurang pas pada tampilan situs Anda agar seluruh halaman web menjadi benar-benar sempurna. Tahap ini bisa Anda lakukan sebelum website Anda live supaya pada saat website Anda diluncurkan tidak ditemukan lagi error yang dapat menggangu kinerja situs Anda.

Promotion (Promosi)

Promosi Web

Setelah melakukan uji coba dan perbaikan, saatnya meluncurkan situs web Anda ke Internet untuk mendeklarasikan keberadaannya kepada dunia. Promosi merupakan tahap yang sangat penting untuk membuat situs Anda dikenal, baik melalui media offline maupun online. Promosikan alamat situs web Anda melalui semua media bisnis Anda yang ada, seperti kartu nama, brosur, kop surat dan lain-lain. Masukkan situs Anda ke search engine untuk membantu pengunjung-pengunjung baru dalam mencari situs Anda.

Maintenance (Pemeliharaan)

Web Maintenance

Setelah situs diluncurkan, maka diperlukan tahap pemeliharaan terhadap situs tersebut. Pemeliharaan menjaga kesegaran situs Anda dengan konten yang terbaru. Anda perlu secara konstan meninjau dan memperbaiki situs Anda. Tambahlah informasi-informasi terbaru untuk menarik para pengunjung. Server yang digunakan juga harus terus dipelihara agar keamanan situs Anda terjaga dari serangan-serangan hacker. Pada tahap ini juga meliputi pengubahan struktur situs yang ada atau penambahan fitur-fitur baru sesuai dengan perkembangan teknologi untuk menambah ketertarikan para pengunjung terhadap situs Anda. Baca juga: Cara Membuat Website Sendiri Gratis

Itulah Tahapan Membuat Website Sendiri yang dapat menjadi acuan ketika Anda hendak membuat sebuah situs web. Anda juga bisa berkonsultasi dengan kami apabila Anda ingin menggunakan Jasa Pembuatan Website Murah yang kami sediakan, sehingga Anda tidak perlu bersusah-susah Membuat Website Sendiri.

bikinwebsite
author

2 Comments

  1. Fitri | November 16, 2016 at 2:27 pm

    Bagus sekali artikelnya, jadi lebih semangat buat belajar bikin web. Terimakasih, ijin share ya.

    Reply
    • bikinwebsite | November 17, 2016 at 1:22 am

      Sama-sama, silakan 🙂

      Reply

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*